Random Post

Bisnis Nasa Menurut Islam Haram atau Halal



Assalamu alaikum
Bisnis Nasa menurut  keterangan dari  Islam halal atau haram? Pertanyaan ini ialah  pertanyaan sangat  sering ditanyakan, baik oleh calon member, ataupun oleh member yg telah  bergabung dalam bisnis Nasa ini.

Pertanyaan halal atau haram ini muncul sebab  memang Bisnis Nasa ialah  bisnis network marketing yg lantas  disebut dengan MLM (Multi Level Marketing). Sedangkan tidak sedikit  kabar diluar sana menuliskan   bahwa MLM ialah  kegiatan yg haram hukumnya.

Terutama di Indonesia, MLM dirasakan  bisnis yg tabu dan bisnis hasut-hasut, sebenarnya  di negara tetangga Malaysia, MLM menjadi di antara  pilar ekonomi negaranya, kemudian  kenapa dapat  demikian.

Jadi begini, terdapat  2 macam bisnis jaringan yg terdapat  di dunia ini

Yang kesatu  ialah  MLM atau Multi Level Marketing. Bisnis jenis ini jelas sah, dibentengi  undang-undang negara dan tidak melanggar aturan agama islam.

Yang kedua ialah  money game, yaitu  permainan duit  dengan skema piramida, yg sejatinya ialah  mengeruk uang semua  member. Misalnya member get member, kemudian  transfer berantai, tanpa terdapat  produk jelas,melakukan pembelian  keanggotaan dan beda  sebagainya. Bisnis jenis ini jelas dilarang oleh undang undang dan pun  haram menurut  keterangan dari  agama islam.

Nah lantas  yang ketiga berikut  yg menciptakan  masyarakat Indonesia menjadi alergi pada MLM. Yaitu Money Game yang berkedok MLM. Dengan ciri ciri sama dengan teknik  kerja money game tetapi  di balut dengan produk, yg sebenernya produk ini ialah  kamuflase saja.

Contoh Money Game yg berkedok MLM.
Dulu terdapat  bisnis herbal diabetes, lantas  siapa yg inginkan  joinmenunaikan  1,5jt. Setiap kali terdapat  yg join maka perekrut bisa  bonus 500rb. Setelah dicek, ternyata harga obat diabetes tersebut  dipasaranmelulu  Rp.35rb. Nah ini jelas-jelas money game berkedok MLM.

Dan seluruh  bisnis yg model rata kanan - rata kiri dapat  dipastikan money game, sebab  bonus2 yg diserahkan  berasal dari duit  pendaftaran.

Jadi jelas ya, perbedaan MLM, Moneygame, MLM berkedok Money Game. Setelah jelas maka kita dapat  menilai, posisi dan kedudukan  Bisnis Nasa.

Nah ditinjau dari sudut pandang agama maka gambar di atas menyatakan  kriteria bisnis MLM yg halal dan yang haram. Dan dalam Bisnis Nasa tak satupun dalam 6 poin di atas ada  unsurnya.

Bisnis Nasa tidak berisi  riba, sebab  jelas jelas tidak ada kegiatan  bunga berbunga ataupun kegiatan  transaksi finansial  yg tidak jelas.

Bisnis Nasa pun  tidak berisi  bagian  gharar, sebab  akad pemberian bonusterdapat  di depan, perhitungan deviden  penjualan jelas, bahkan dalamformat  buku.

Bisnis Nasa pun  bukan penipuan, baik penipuan system dan produknya, terbukti hingga  15 tahun saat tulisan  ini saya tulis, Nasa terus maju dan berkembang.

Bisnis Nasa tidak berisi  bagian  judi, semua pendapatan  di bisnis ini murni berdasar banting tulang  masing masing distributor, dan bukan untung-untungan.

Bisnis Nasa tidak terdapat  unsur pemerasan  atau kedhaliman, bahkan kita  gabung lantas  diam saja pun  tidak terdapat  yg memarahi atau menghakimi Anda.

Poduk - produk yg dipasarkan  dalam Bisnis Nasa bukan produk kamlufase, manfaatnya jelas, testimoni banyak. Produk Nasa pun  insya Alloh Halal.

Berikut ini pun  membuktikan bahwa Bisnis Nasa ialah  HALAL. Banyak darifigur  agama yg menjalankan Bisnis ini. Dan saya rasa semua  ulama ini pastilah paling  berhati-hati soal halal dan haram.

Bisnis Nasa pun  bukan bisnis pyramida ataupun bisnis rata kanan kiri, bisnis nasa menganut system MLM murni yang menjunjung tinggi nilai keadilan.

Jadi, saya rasa Anda sekarang  sudah yakin, bahwa Bisnis Nasa ialah  Bisnis yang Halal. Jika masih belum jelas, dapat  kontak saya ya.

Wassalamu 'alaikum wr. Wb.
Salam ukuwah
Miftakhul Zaeni

No comments:

Post a Comment

Pages